KATA PENGANTAR
Penyusunan buku ini dimaksudkan sebagai pedoman dalam mengembangkan Kuikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Angkinang , Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan Kurikulum berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
SMP Negeri 2 Angkinang telah melaksanakan KTSP untuk kelas VII, VIII dan kelas IX, maka kami berusaha untuk mampu secara mandiri mengembangankan kurikulum berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan Standar Isi (SI) mulai tahun pelajaran 2006 – 2007. Dan untuk tahun pelajaran 2010/2011 penyusunan dokumen KTSP telah dilakukan dengan melalui kaji telaah terhadap hasil Analisis Konteks SMP Negeri 2 Angkinang.
Harapan kami semoga buku ini dapat digunakan sebagai panduan bagi seluruh komponen dan keluarga besar SMP Negeri 2 Angkinang, dan digunakan sebagai pedoman untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik dan dan tenaga kependidikan di SMP Negeri 2 Angkinang.
Kami sangat menyadari buku ini belum sempurna dan masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahannya, maka untuk itu kami sangat mengharapkan masukan dan saran sebagai bahan kesempurnaan buku ini.
Bamban, 17 Juli 2010
Kepala Sekolah,
Dra.Hj.Nurjani
NIP 19630620 198803 2 008
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
LEMBARAN PENGESAHAN
Setelah memperhatikan pertimbangan dari Komite Sekolah dan diketahui Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungau Selatan ,dengan ini Kurikulum SMP Negeri 2 Angkinang Tahun Pelajaran 2010/2011,ditetapkan /disahkan untuk diberlakukan .
Ditetapkan di : Bamban
Pada Tanggal : 17 Juli 2010
Ketua Komite Sekolah, Kepala Sekolah,
A.Thaberani Dra.Hj.Nurjani
NIP 19630620 198803 2 008
Mengetahui:
Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Hulu Sungai Selatan
H.JOHANSYAH,S.Sos.M.AP.
NIP 19560814 197706 1 002
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR ISI
LEMBARAN PENGESAHAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ...... 2
KATA PENGANTAR.................. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ....... 3
DAFTAR ISI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ....... 4
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG………………………………………….......
B. LANDASAN………………………………………………………. 5
C. TUJUAN PENGEMBANGAN KTSP........................................,. 9
D. PRINSIP PENGEMBANGAN KTSP………………………….. . 11
BAB II TUJUAN
A. TUJUAN PENDIDIKAN.......................................................... 14
A. VISI SEKOLAH…………………………………………………… 14
B. MISI SEKOLAH…………………………………………………. 15
C. TUJUAN SEKOLAH……………………………………………. 15
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. STRUKTUR KURIKULUM……………………………………… 16
B. MUATAN KURIKULUM……………………………………….. 19
1. Mata Pelajaran Wajib……………………………………… 19
2. Muatan Lokal……………………………………………….. 26
3. Kegiatan Pengembangan Diri……………………………. 27
4. Pengaturan Beban Belajar………………………………. 29
5. Ketuntasan Belajar………………………………………… 29
6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan…………………………… 30
BAB IV KALENDER PENDIDIKAN
A. PENETAPAN KALENDER PENDIDIKAN…………………… 33
B. BERDASARKAN STANDAR ISI…………………………….. 34
C. BERDASARKAN PERHITUNGAN BULAN, MINGGU, HARI,
JAM, TAHUN 2009-2010……………………………………… 35
BAB V PENUTUP………………………………………………………….. 38
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Contoh Silabus
2. Laporan Hasil Analisis Konteks
3. Contoh Hasil Penentuan KKM ( Satu Mata Pelajaran)
4. SK Tim Pengembang
5. SK Penetapan KKM Bersambung....