SMPN2ANGKINANG
this site the web

SKKD SMP ( BAHASA INGGRIS )

SKKD Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A.         Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu.
Tingkat literasi mencakup performative, functional,  informational, dan epistemic. Pada tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan. Pada tingkat functional, orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Pada tingkat informational, orang mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada tingkat epistemic orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells,1987).

Pembelajaran bahasa Inggris di SMP/MTs ditargetkan agar peserta didik dapat mencapai tingkat functional yakni berkomunikasi secara lisan dan tulis untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, sedangkan untuk SMA/MA diharapkan dapat mencapai tingkat informational karena mereka disiapkan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Tingkat literasi epistemic dianggap terlalu tinggi untuk dapat dicapai oleh peserta didik SMA/MA karena bahasa Inggris di Indonesia berfungsi sebagai bahasa asing.
           
            B.         Tujuan 
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional  
2.      Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
3.      Mengembangkan  pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.
C.   Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs meliputi:
1.      kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;
2.      kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa grafis, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika;
3.     kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa grafis, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).

D.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas VII, Semester  1

Standar Kompetensi

I.                     Kompetensi Dasar

      Mendengarkan
1.   Memahami makna dalam percakapan sederhana untuk tujuan interpersonal dan transaksional, bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal dalam berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.

II.                    

1.1   Memahami dengan benar dan efisien makna tersurat  dalam percakapan lisan interpersonal dan transaksional sederhana berisi sapaan orang yang belum/sudah dikenal, perkenalan, perintah atau larangan, permintaan dan pemberian informasi, ucapan terima kasih, permintaan maaf, dan ungkapan kesantunan.

     

1.2   Memahami dengan benar dan efisien makna tersirat  dalam percakapan lisan interpersonal dan transaksional sederhana berisi sapaan orang yang belum/sudah dikenal, perkenalan, perintah atau larangan, permintaan dan pemberian informasi, ucapan terima kasih, permintaan maaf, dan ungkapan kesantunan.

                

2.   Memahami makna dalam  teks fungsional lisan  pendek sederhana dalam berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.
2.1   Memahami dengan benar makna tersurat  tindak tutur yang terdapat dalam teks fungsional lisan untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.
2.2   Memahami dengan benar makna tersirat  tindak tutur yang terdapat dalam teks fungsional  lisan sederhana  untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.

          

      Berbicara
3.   Mengungkapkan makna dalam percakapan sederhana untuk tujuan interpersonal dan transaksional secara formal dan informal untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.
      

          

3.1   Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam percakapan transaksional dan  interpersonal.
3.2   Melakukan komunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik dengan menyapa orang yang sudah/belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan menyuruh atau melarang secara akurat, lancar, dan berterima.
3.3   Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam percakapan transaksional dan interpersonal untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik dengan meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.
4.   Mengungkapkan makna dalam teks fungsional  lisan pendek sederhana untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.

4.1   Mengungkapkan gagasan dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam teks fungsional pendek untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.
4.2   Mengungkapkan sikap dan perasaan dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam teks fungsional pendek untuk berkomunikasi  dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.

   

      Membaca
5.   Memahami  makna dalam teks fungsional  tulis pendek sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.

IX.                      

X.                      5.1   Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersurat dalam teks fungsional pendek yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.

XI.                     5.2  Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersirat dalam teks fungsional pendek yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.

XII.               

     Menulis
6.   Mengungkapkan makna dalam teks fungsional  tulis pendek sederhana untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.

XIII.              

XIV.               6.1   Mengungkapkan informasi  dalam teks fungsional  tulis pendek sederhana secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.

XV.                 6.2   Mengungkapkan gagasan dalam teks fungsional  tulis pendek sederhana secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.



Kelas VII, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7.   Memahami makna  dalam percakapan sederhana untuk tujuan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.


7.1   Memahami makna tersurat dalam percakap an interpersonal dan transaksional dalam bahasa lisan sederhana yang berisi permintaan dan pemberian informasi, permintaan dan pemberian barang, permintaan dan pemberian fakta, permintaan dan pemberian pendapat, pernyataan suka dan tidak suka, dan permintaan klarifikasi.
7.2   Memahami makna tersirat dalam percakap an interpersonal dan transaksional dalam bahasa lisan sederhana yang berisi permintaan dan pemberian informasi, permintaan dan pemberian barang, permintaan dan pemberian fakta, permintaan dan pemberian pendapat, pernyataan suka dan tidak suka, dan permintaan klarifikasi.
8.   Memahami makna dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk descriptive, procedure, songs dan poems dalam berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.
8.1   Memahami makna tersurat dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk descriptive, procedure, songs, dan poems dalam berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.
8.2   Memahami makna tersirat dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk descriptive, procedure, songs, dan poems dalam berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Berbicara
9.  Mengungkapkan makna dalam percakapan sederhana untuk tujuan interpersonal dan  transaksional dalam situasi formal dan informal dalam berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.

9.1   Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam percakapan transaksional dan  interpersonal untuk berkomunikasi dalam situasi informal dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik dengan meminta dan memberi informasi, meminta dan memberi barang, meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, dan meminta klarifikasi.
9.2   Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam percakapan transaksional dan  interpersonal untuk berkomunikasi dalam situasi formal dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik dengan meminta dan memberi informasi, meminta dan memberi barang, meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, dan meminta klarifikasi.
10.   Mengungkapkan makna dalam teks lisan pendek dan sederhana bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal, berbentuk descriptive, procedure, songs dan poems dalam berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.
10.1 Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk descriptive, procedure, songs dan poems dalam berkomunikasi secara interaktif dalam situasi informal dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.





10.2 Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk descriptive, procedure, songs dan poems dalam berkomunikasi secara noninteraktif dalam situasi formal dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
        Membaca
11. Memahami  makna dalam teks fungsional tulis pendek, songs dan poems serta esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.


11.1          Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersurat dalam teks fungsional tulis pendek, songs, poems dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.
11.2          Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersirat dalam teks fungsional tulis pendek, songs, poems dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.

Menulis
12.        Mengungkapkan makna dalam  teks fungsional  tulis, poems dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.


12.1 Mengungkapkan informasi  dalam teks fungsional tulis pendek sederhana secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.
12.2 Mengungkapkan makna dalam bentuk poems pendek sederhana secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.
12.3 Mengungkapkan makna dalam esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan procedure secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dengan lingkungan terdekat dan/atau dalam konteks akademik.

 





Kelas VIII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.   Memahami makna  dalam percakapan sederhana untuk tujuan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.



1.1   Memahami makna tersurat dalam percakapan interpersonal dan transaksional dalam bahasa lisan sederhana yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta dan memberi pendapat; menyampaikan, menerima dan menolak ajakan/undangan; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; memuji dan menanggapi pujian; memberi dan menjawab ucapan selamat.
1.2   Memahami makna tersirat dalam percakapan interpersonal dan transaksional dalam bahasa lisan sederhana yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta dan memberi pendapat; menyampaikan, menerima dan menolak ajakan/undangan; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; memuji dan menanggapi pujian; memberi dan menjawab ucapan selamat.
2.         Memahami makna   dalam teks fungsional  lisan, dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive, recount  dan exposition untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan dalam konteks akademik.

2.1 Memahami makna tersurat dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk descriptive, recount, dan exposition dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

2.2. Memahami makna tersirat dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk descriptive, recount, dan exposition dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

Berbicara
3.  Mengungkapkan makna dalam percakapan sederhana untuk tujuan interpersonal dan  transaksional, bersifat interkatif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan dalam konteks akademik.

3.1    Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam percakapan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif dalam situasi informal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta dan memberi pendapat; menyampaikan, menerima dan menolak ajakan/undangan; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; memuji dan menanggapi pujian; memberi dan menjawab ucapan selamat.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

3.2    Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam percakapan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif dalam situasi formal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta dan memberi pendapat; menyampaikan, menerima dan menolak ajakan/undangan; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; memuji dan menanggapi pujian; memberi dan menjawab ucapan selamat.
4.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan pendek dan sederhana bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal, berbentuk descriptive, recount, dan  exposition  untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

4.1   Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk descriptive, recount, dan exposition untuk  berkomunikasi secara interaktif dalam situasi informal dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.
4.2   Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk descriptive, recount, dan exposition dalam berkomunikasi secara noninteraktif dalam situasi formal dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.
Membaca
5.  Memahami makna dalam teks fungsional  tulis dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, recount dan exposition  untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

5.1   Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersurat dalam teks fungsional tulis dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, recount dan exposition yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

5.2   Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersirat dalam teks fungsional tulis dan   esei pendek sederhana berbentuk descriptive, recount dan exposition yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam  teks fungsional  tulis dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, recount dan exposition untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan dalam konteks akademik.

6.1   Mengungkapkan informasi  dalam teks fungsional tulis pendek sederhana secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

6.2   Mengungkapkan makna dalam esei pendek sederhana berbentuk descriptive, recount, dan exposition secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

Kelas VIII, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7.         Memahami makna  dalam percakapan sederhana untuk tujuan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

      
7.1   Memahami makna tersurat dalam percakapan interpersonal dan transaksional dalam bahasa lisan sederhana yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta, memberi dan menolak pendapat; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; merespon pernyataan dan memberi perhatian terhadap pembicara; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; dan mengawali, memperpanjang,  dan menutup percakapan telepon.
7.2  Memahami makna tersirat dalam percakapan interpersonal dan transaksional dalam bahasa lisan sederhana yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta, memberi dan menolak pendapat; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; merespon pernyataan dan memberi perhatian terhadap pembicara; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; dan mengawali, memperpanjang,  dan menutup percakapan telepon.
8.         Memahami makna   dalam teks fungsional  lisan, dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative, recount  dan exposition untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.
8.1   Memahami makna tersurat dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk narrative, recount, dan exposition dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.
8.2   Memahami makna tersirat dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk narrative, recount, dan exposition dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.
Berbicara
9.  Mengungkapkan makna dalam percakapan sederhana untuk tujuan interpersonal dan  transaksional, bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.
      
9.1   Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam percakapan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif dalam situasi informal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta, memberi dan menolak pendapat; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; merespon pernyataan dan memberi perhatian terhadap pembicara; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; dan mengawali, memperpanjang,  dan menutup percakapan telepon.
9.2  Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam percakapan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif dalam situasi formal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik yang berisi: meminta, memberi dan menolak informasi; meminta, memberi dan menolak sesuatu; membenarkan dan menyangkal informasi; meminta, memberi dan menolak pendapat; mengungkapkan dan menanyakan kesetujuan/ ketidaksetujuan; merespon pernyataan dan memberi perhatian terhadap pembicara; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; dan mengawali, memperpanjang,  dan menutup percakapan telepon.

10  Mengungkapkan makna dalam teks fungsional lisan pendek dan sederhana bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal, berbentuk recount, narrative dan  exposition  untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.


10.1 Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk recount, narrative dan exposition untuk  berkomunikasi secara interaktif dalam situasi informal dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.
10.2  Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk recount, narrative dan exposition untuk berkomunikasi secara noninteraktif dalam situasi formal dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

   Membaca
11.  Memahami makna dalam teks fungsional  tulis serta esei pendek sederhana berbentuk recount, narrative  dan exposition  untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

11.1      Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersurat dalam teks fungsional tulis pendek,  serta esei pendek sederhana berbentuk recount, narrative dan exposition yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

11.2 Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersirat dalam teks fungsional tulis pendek,  serta esei pendek sederhana berbentuk recount, narrative  dan exposition yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

      Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam  teks fungsional  tulis, dan esei pendek sederhana berbentuk recount, narrative dan exposition untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

12.1   Mengungkapkan informasi  dalam teks fungsional tulis pendek sederhana secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.

12.2   Mengungkapkan makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, narrative dan exposition secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik.








Kelas IX,  Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
    Mendengarkan
1. Memahami makna  dalam percakapan sederhana untuk tujuan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.



1.1   Memahami makna tersurat dalam percakapan interpersonal dan transaksional dalam bahasa lisan sederhana yang berisi: meminta dan memberi kepastian; mengungkapkan dan menanggapi keraguan; meminta pengulangan; menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman

1.2  Memahami makna tersirat dalam percakapan interpersonal dan transaksional dalam bahasa lisan sederhana yang berisi: meminta dan memberi kepastian; mengungkapkan dan menanggapi keraguan; meminta pengulangan; menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman.


2. Memahami makna dalam teks fungsional lisan, dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure, report dan explanation untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.

2.1   Memahami makna tersurat dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk procedure, report dan explanation untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.
2.2   Memahami makna tersirat dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk procedure, report dan explanation untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.

Berbicara
3.  Mengungkapkan makna dalam percakapan sederhana untuk tujuan interpersonal dan  transaksional, bersifat noninterkatif dan interaktif, dalam situasi formal dan informal dalam berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.



3.1   Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam percakapan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif dalam situasi informal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik yang berisi: meminta dan memberi kepastian; mengungkapkan dan menanggapi keraguan; meminta pengulangan; menunjukkan perhatian; dan menyatakan kekaguman. 

3.2  Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam percakapan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif dalam situasi formal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik yang berisi: meminta dan memberi kepastian; mengungkapkan dan menanggapi keraguan; meminta pengulangan; menunjukkan perhatian; dan menyatakan kekaguman. 


4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional lisan pendek dan sederhana bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal, berbentuk procedure, report dan explanation untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.

4.1. Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk procedure, report dan explanation untuk  berkomunikasi secara interaktif dalam situasi informal dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.
4.2  Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk procedure, report dan explanation untuk berkomunikasi secara noninteraktif dalam situasi formal dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.
            Membaca
5. Memahami makna dalam teks fungsional  tulis serta esei pendek sederhana berbentuk procedure, report dan explanation untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.


5.1 Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersurat dalam teks fungsional tulis pendek,  serta esei pendek sederhana berbentuk procedure, report dan explanation dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.
5.2 Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersirat dalam teks fungsional tulis pendek,  serta esei pendek sederhana berbentuk procedure, report dan explanation dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam  teks fungsional  tulis, dan esei pendek sederhana berbentuk procedure, report  dan explanation untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.


6.1   Mengungkapkan informasi  dalam teks fungsional tulis pendek sederhana secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.
6.2   Mengungkapkan makna dalam esei pendek sederhana berbentuk procedure, report  dan explanation secara akurat, runtut dan berterima untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.







Kelas IX, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
    Mendengarkan
7. Memahami makna  dalam percakapan sederhana untuk tujuan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.



7.1   Memahami makna tersurat dalam percakapan interpersonal dan transaksional dalam bahasa lisan sederhana yang berisi: mengungkapkan kesantunan; menyampaikan berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita.

7.2   Memahami makna tersirat dalam percakapan interpersonal dan transaksional dalam bahasa lisan sederhana yang berisi: mengungkapkan kesantunan; menyampaikan berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita.

8. Memahami makna dalam teks fungsional lisan, dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative, report dan news items untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.

8.1   Memahami makna tersurat dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk narrative, report dan news items untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.
8.2   Memahami makna tersirat dalam teks lisan noninteraktif yang pendek dan sederhana berbentuk narrative, report dan news items untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.

Berbicara
9.  Mengungkapkan makna dalam percakapan sederhana untuk tujuan interpersonal dan  transaksional, bersifat interkatif dan noninteraktif, dalam situasi formal dan informal dalam berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.


9.1   Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam percakapan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif dalam situasi informal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik yang berisi:  mengungkapkan kesantunan; menyampaikan berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita.

9.2   Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam percakapan transaksional dan interpersonal, bersifat interaktif dan noninteraktif dalam situasi formal untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan/atau dalam konteks akademik yang berisi: mengungkapkan kesantunan; menyampaikan berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita.

10. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional lisan, dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative, report dan news items untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.


10.1 Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk narrative, report, dan news items untuk berkomunikasi secara interaktif dalam situasi informal dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.             
10.2 Mengungkapkan makna dengan bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk narrative, report, dan news items untuk berkomunikasi secara noninteraktif dalam situasi formal dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.             
            Membaca
11.        Memahami makna dalam teks fungsional  tulis serta esei pendek sederhana berbentuk narrative, report, dan news items untuk berkomunikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.


11.1      Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersurat dalam teks fungsional tulis pendek,  serta esei pendek sederhana berbentuk narrative, report, dan news items dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.
11.2      Memahami dengan benar dan efisien makna yang diungkapkan secara tersirat dalam teks fungsional tulis pendek,  serta esei pendek sederhana berbentuk narrative, report, dan news items dalam konteks kehidupan sehari-hari dan/atau akademik.
 

Izin dan Hak

Tidak Dilarang mengcopy,mencetak atau menyebarkan isi posting kami selama menyertakan sumber aslinya http://smpnangkinang2.blogspot.com; dan tidak untuk keperluan melanggar Undang-Undang dan Hukum yang berlaku

Terima Kasih kami Kepada :

Link Lainnya