SMPN2ANGKINANG
this site the web

SKKD SMP ( IPA )


Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A.    Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri  dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan.  Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana untuk menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan.  Di tingkat SMP/MTs diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi,  dan masyarakat) secara terpadu yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah secara bijaksana. 
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SMP/MTs menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di SMP/MTs merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.




B.    Tujuan
Mata pelajaran IPA di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
2.      Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.      Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.      Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak  ilmiah serta berkomunikasi
5.      Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam
6.      Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7.      Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan  ke jenjang selanjutnya.

C.    Ruang Lingkup
Bahan kajian IPA untuk SMP/MTs merupakan kelanjutan bahan kajian IPA SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.                  Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2.                  Materi dan Sifatnya
3.                  Energi dan Perubahannya
4.                  Bumi dan Alam Semesta







D.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

KELAS VII SEMESTER I
SNP + (SBI)
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.   Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
1.1  Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
1.2  Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
1.3  Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
1.4  Membuat grafik berdasarkan data hasil pengukuran,  menganalisis dan mengkomunikasikannya
2. Memahami unsur,
    senyawa, dan
    campuran
2.1. Menjelaskan pengertian unsur dan
       senyawa
2.2. Membandingkan sifat unsur, senyawa
       dan  campuran
2.1.Melakukan pemisahan campuran   dengan   berbagai cara  berdasarkan  sifat fisika dan  kimia
3.   Memahami gejala-gejala alam melalui prosedur ilmiah
3.1. Melaksanakan pengamatan objek 
       secara terencana dan sistematis untuk
        memperoleh  informasi    gejala alam
       biotik  dan  abiotik
3.2     Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
3.3. Menerapkan keselamatan kerja dalam  
       melakukan pengamatan gejala-gejala
       alam
4.  Memahami keanekaragaman mahluk hidup
4.1. Mendidentifikasi ciri-ciri mahluk
       hidup
4.2. Mendeskripsikan keragaman pada
       sistem organisasi kehidupan mulai
       dari tingkat sel sampai    organisme
4.3. Mengklasifikasikan mahluk hidup 
        berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.
5.   Memahami sifat
     fisika dan kimia
      materi
5.1. Mengidentifikasi perubahan fisika dan
       kimia
5.2. Mengidentifikasi terjadinya reaksi
       Kimia melalui percbaan sederhana
6.   Memahami sifat larutan asam, basa dan garam
6.1. Mengidentifikasi safat asam, basa, dan garam menggunakan indikator dan / atau alat


KELAS VII SEMESTER II

7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
7.1.  Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem.
7.2.  Mengidentifikasi pentingnya
        keanekaragaman mahluk  hidup
        dalam
        pelestarian ekosistem
7.3.     Memprediksi pengaruh kepadatan populasi
        manusia terhadap lingkungan
7.2.     Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
8.   Memahami wujud zat dan perubahannya
8.1. Menyelidiki sifat-sifat  zat berdasarkan  
       wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan
       sehari-hari
8.2. Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
8.3. Melakukan percobaan yang berkaitan dengan  
       pemuaian dan penerapannya dalam kehidupan
       sehari-hari
8.4. Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah
       wujud zat dan suhu suatu benda
       serta penerapannya dalam kehidupan   sehari-
       hari


KELAS VIII SEMESTER I
A.                  Standar Kompetensi

B.                  Kompetensi Dasar
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia





1.1. Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
1.2. Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
1.3. Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan  kesehatan
1.4. Mendeskripsikan sistem pencernaan
       pada manusia
       dan dan hubungannya dengan kesehatan
1.5. Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1.6. Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
2. Memahami pengertian partikel materi
2.1. Mendeskripsikan atom, ion dan molekul
2.2. Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa
2.3. Mengidentifiksi manfaat ion dan molekul dalam produk kimia sehari-hari
3. Memahami konsep gerak, peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
3.1. Menganalisis percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2. Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip”usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.3. Melakukan percobaan tentang pesawat  sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.4. Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
3.5. Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya, dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
3.6. Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

KELAS VIII SEMESTER 2



Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar
4.  Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan


4.1. Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
4.2.  Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau.
4.3.  Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan.
4.4. Mengenal hama dan penyakit pada organ  tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
5.  Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
5.1.Mendeskripsikan konsep getaran dan  gelombang serta parameter-parameternya
5.2.Mendeskripsikan proses terjadinya gempa dan tsunami
5.3.Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
5.4.Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk  cermin dan lensa
5.5.Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
6. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
6.1. Mencari informasi tentang kegunaan dan
       efek samping bahan kimia dalam
       kehidupan sehari-hari
6.2. Mengkomunikasikan informasi  
       tentang kegunaan dan efek samping 
       bahan kimia 
6.3. Mendeskripsikan bahan kimia alami dan
       bahan kimia buatan dalam kemasan yang
       terdapat dalam bahan makanan.
6.4. Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat
       adiktif dan psikotropika
6.5. Menghindarkan diri dari pengaruh zat
     adiktif dan psikotropika

 

Kelas IX,   Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.  Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
1.1. Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
1.2. Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
1.3. Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

2.  Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
2.1  Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
2.2  Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
2.3  Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.
2.4  Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
3. Memahami sistem periodik
3.1. Menuliskan konfigurasi elektron atom sederhana
3.2. Menjelaskan penyusunan tabel periodik berdasarkan konfigurasi elektron

4.  Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.1  Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari
4.2  Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.3  Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.4  Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari


Kelas IX,  Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.1.   Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
5.2.   Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
5.3.   Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik

6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
6.1.Mendeskripsikan karakteristik sistem tata
      surya
6.2.Mendeskripsikan matahari sebagai
      bintang dan bumi sebagai salah satu planet
6.3.Mendeskripsikan gerak edar bumi,  bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
6.4.Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor
6.5. Menjelaskan hubungan antarar proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
7. Memahami ikatan kimia
7.1. Mendeskripsikan ikatan ion dan kovalen
7.2. Mengidentifikasi ikatan ion dan kovalen


 

Izin dan Hak

Tidak Dilarang mengcopy,mencetak atau menyebarkan isi posting kami selama menyertakan sumber aslinya http://smpnangkinang2.blogspot.com; dan tidak untuk keperluan melanggar Undang-Undang dan Hukum yang berlaku

Terima Kasih kami Kepada :

Link Lainnya