SMPN2ANGKINANG
this site the web

KTSP SMP 2010 BAB 3( Muatan Kurikulum) Lanjutan

1.1.             Ilmu Pengetahuan Sosial
Tujuan :
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
a)      Mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan  masyarakat dan lingkungannya
b)      Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,  inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
c)      Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
d)      Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
1.2.             Seni Budaya
Tujuan :
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan  yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal,  interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional. 
Mata pelajaran Seni Budaya bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
a)           Memahami konsep dan pentingnya seni budaya
b)           Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya
c)           Menampilkan kreativitas melalui seni budaya
d)           Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, 
e)           regional, maupun global.
1.3.             Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
Tujuan :
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis  yang seimbang.



Mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
a)          Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
b)          Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
c)          Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
d)          Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
e)          Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
f)            Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
g)          Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif
1.4.             Teknologi Informasi. dan Komunikasi
Tujuan :
Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai  dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari,  teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.


Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
a)             Memahami teknologi informasi dan komunikasi
b)             Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
c)             Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
d)             Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
2.  Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri. Muatan lokal merupakan mata pelajaran, sehingga sekolah harus mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan. Sekolah dapat menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester, atau dua mata pelajaran muatan lokal dalam satu tahun.
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah.
Muatan lokal juga merupakan mata pelajaran, sehingga sekolah harus mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan.
 Muatan lokal yang menjadi ciri khas SMP Negeri  2 Angkinang dan yang diterapkan  adalah sebagai berikut:
1.       Baca Tulis Alqur`an
Alasan pemilihan jenis mulok ini adalah untuk melaksanakan Perda no. 20 tahun 2007 tentang Khatam Al Qur’an dan juga sesuai dengan  masyarakat Hulu Sungai Selatan yang religius.
2.       Menyulam
Alasan pemilihan jenis Mulok ini adalah untuk memberi bekal dasar-dasar keterampilan menyulam yang mendukung lifeskill dan sesuai dengan potensi sekolah.


3.       Kerajinan Kerupuk dari Ubi Kayu
Alasan pemilihan mulok ini adalah untuk memberi bekal dasar-dasar keterampilan Kerupuk dari Ubi Kayu yang akan bermanfaat untuk mendukung lifeskill siswa.
4.       Budaya Banjar
Alasan pemilihan adalah untuk melestarikan budaya lokal yang terancam semakin terlupakan.
3.  Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri di bawah bimbingan konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta kegiatan ekstrakurikuler, seperti kepramukaan, PMR, Catur, Tenis Meja, Futsal, Bola Basket    Kelompok Ilmiah Remaja, English Club, Majalah Dinding, Olympiade MIPA.
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran dan penilaian kegiatan pengembangan diri dilakukan sesuai kualitatif, bukan kuantitatif seperti mata pelajaran.
          Pengembangan diri dilaksanakan 2 kegiatan yaitu :
3.1. Kegiatan Bimbingan Konseling
       3.1.1. Bidang bimbingan pribadi
       3.1.2. Bidang bimbingan sosial
       3.1.3. Bidang bimbingan belajar
       3.1.4. Bidang bimbingan karir
       Jenis-jenis layanan yang diberikan kepada anak :
a)       Layanan Orientasi
b)      Layanan Informasi
c)       Layanan Penempatan dan Penyaluran
d)      Layanan Pembelajaran
e)      Layanan Bimbingan Perorangan
f)         Layanan Bimbingan Kelompok
g)      Layanan Konseling Kelompok
3.2. Kegiatan Ekstrakurikuler
       3.2.1.  Kepramukaan
       3.2.2.  Palang Merah Remaja ( PMR )
        3.2.3.  Olah Raga ( Futsal, Bola Basket, Tenis Meja, Catur )
       3.2.4   Kelompok Ilmiah Remaja
       3.2.5.  English Club
       3.2.6.  Majalah Dinding
       3.2.7   Olympiade Sains
       3.2.8.  Maulid Al-Barjanzi
       3.2.9.  Seni Tari
Mekanisme Pelaksanaan
a. Kegiatan pengembangan diri diberikan diluar jam pembelajran ( ekstrakurikuler )
 dengan dibina oleh guru-guru yang memiliki kualifikasi yang baik berdasrkan      Surat  Keputusan Kepala Sekolah
    
b. Jadwal Kegiatan
No
Kegiatan
Hari
Waktu
1.
Layanan Bimbingan Konseling
Senin  -  Sabtu
Pagi ( Jamsong )
2
Pramuka
Kamis
Sore ( 16.00- 17.30 )
3
PMR
Senin
Sore ( 16.00- 17.30 )
4
Futsal
Selasa, Jum’at
Sore ( 16.00- 17.30 )
5
Basket Ball
Rabu, Sabtu
Sore ( 16.00- 17.30 )
6
Catur
Rabu
Sore ( 16.00- 17.30 )
7
Tenis Meja
Rabu
Sore ( 16.00- 17.30 )
8
English Club
Selasa
Sore ( 16.00- 17.30 )
9
Olympiade Sains
Sabtu
Sore ( 16.00- 17.30 )
10
Seni Tari
Jum’at
Sore ( 16.00- 17.30 )
11
Maulid Al-Barjanzi
Senin
Sore ( 16.00- 17.30 )

 

Izin dan Hak

Tidak Dilarang mengcopy,mencetak atau menyebarkan isi posting kami selama menyertakan sumber aslinya http://smpnangkinang2.blogspot.com; dan tidak untuk keperluan melanggar Undang-Undang dan Hukum yang berlaku

Terima Kasih kami Kepada :

Link Lainnya