SMPN2ANGKINANG
this site the web

SKKD SMP ( TENKOM )


Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A.    Latar Belakang
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang  dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.
Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai  dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari,  teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diajarkan sebagai salah satu mata pelajaran Keterampilan yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara terpisah atau bersama-sama dengan mata pelajaran keterampilan lainnya. Alokasi waktu pembelajarannya secara keseluruhan untuk jenjang SMP/MTs  adalah 72 jam pelajaran untuk selama 3 tahun, atau  ekivalen dengan 2 jam pelajaran per minggu untuk waktu 1 tahun jika mata pelajaran ini dibelajarkan secara terpisah dan mandiri
B.   Tujuan
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Memahami teknologi informasi dan komunikasi
2.      Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
3.      Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
4.      Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

C.   Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
2.      Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

D.   Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas VII,  Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.   Memahami hubungan timbal balik antara perkembangan teknologi dan perubahan – perubahan dalam masyarakat
1.1      Menunjukan beberapa perkembangan teknologi yang mendasar dalam kehidupan sehari-hari
1.2      Menjelaskan hubungan timbal balik kebutuhan manusia dengan perkembangan produk teknologi
1.3      Menjelaskan fakta dan pendapat, sebab dan akibat serta kejadian tentang perkembangan-perkembangan teknologi dan dampaknya
2.   Memahami proses suatu pekerjaan secara benar, aman, dan sadar lingkungan
                Menafsirkan prinsip-prinsip keamanan kerja dalam kehidupan sehari-hari
            Memahami dan mematuhi simbol serta rambu-rambu keselamatan kerja


3.       Memahami penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang


 


            Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
            Mendeskripsikan sejarah perkembangan  teknologi informasi dan  komunikasi dari masa lalu sampai  sekarang
            Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
            Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
            Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
4.   Mengenal operasi dasar peralatan komputer
1.      Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
2.      Mematikan komputer sesuai prosedur
3.      Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis
4.      Mempraktikkan keterampilan dasar komputer 

5.      Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer
6.      Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
7.      Memahami kegunaan dari beberapa program aplikasi
8.      Mempraktikkan satu program aplikasi








Kelas VII, Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
6. Menggunakan perangkat lunak
     pengolah grafis untuk menyajikan 
     informasi

6.1 Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah grafis
6.2 Menjelaskan  fungsi menu dan ikon pada program pengolah grafis
6.3 Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah grafis
6.4 Membuat dokumen  pengolah grafis sederhana
7    Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
7.1 Mengidentifikasi menu dan ikon pada  perangkat lunak pengolah angka
7.2 Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah angka
7.3 Menggunakan menu dan ikon  pokok pada perangkat lunak pengolah angka
7.4 Membuat dokumen pengolah angka sederhana
8.   Menggunakan perangkat lunak basis data untuk mengolah data
8.1 Mengidentifikasi menu dan ikon pada  perangkat lunak basis data
8.2 Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program basis data
8.3 Menggunakan menu dan ikon  pokok pada perangkat lunak basis data
8.4 Membuat karya sistem basis data


Kelas  VIII,   Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Menggunakan perangkat lunak
     pengolah grafis untuk menyajikan 
     informasi

            Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah grafis
            Menjelaskan  fungsi menu dan ikon pada program pengolah grafis
            Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah grafis
            Membuat karya  pengolah grafis sederhana
2.    Menggunakan perangkat lunak
     pengolah animasi untuk menyajikan   informasi

            Mengoperasikan perangkat lunak hasil multimedia
            Menjelaskan  fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah animasi
            Menjelaskan fungsi menudan  ikon pada program pengolahan animasi
            Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah animasi
            Membuat karya animasi sederhana
3. Melakukan Video Editing

3.1 Pengambilan Video ( capture)
3.2 Mengedit clip video
3.3 memberikan efek animasi
3.4 Membuat karya video sederhana
Kelas VIII,  Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
4.  Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet
4.1 Menjelaskan pengertian dasar Internet/intranet
4.2 Memahami dasar-dasar sistem jaringan di Internet/intranet
4.3 Mengenal ukuran kecepatan akses Internet
4.4 Mengidentifikasi perangkat keras yang  digunakan dalam akses Internet/intranet
4.5 Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan jaringan lokal (intranet)
4.6 Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/intranet
5.  Menggunakan Internet untuk  memperoleh informasi
5.1 Mendemonstrasikan akses internet sesuai    dengan prosedur
5.2 Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di Internet
5.3 Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat
5.4 Mengolah informasi dari internet dengan menggunakan program aplikasi
6.  Membuat desain WEB (Front Page, Publisher, dreamwiver dsb)
6.1 Mengidentifikasi menu dan ikon pada  perangkat lunak pengolah animasi
6.2 Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program desain WEB
6.3 Menggunakan menu dan ikon  untuk desain WEB
6.4 Membuat desain WEB sederhana
7.  Menunjukan perubahan dan hubungan antara profesi dan perkembangan teknologi)
7.1 Menyebutkan contoh-contoh perubahan yang mendasar antara profesi dan perkembangan teknologi
7.2 Mengidentifikasi karakteristik suatu profesi
7.3 Mengidentifikasi karakteristik perkembangan suatu profesi dan teknologi
7.4 Memutuskan penyelesaian masalah dalam suatu profesi yang dipilih berdasarkan potensi diri dan perkembangan teknologi

Kelas IX ,  Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Menggambarkan bagian-bagian , fungsi dan hubungan bagian-bagian sistem komunikasi masa kini ( transmisi sinyal, penyimpanan dan konversi)
            Menjelaskan prinsip kerja dari sistem komunikasi tradisional dan masa kini.
            Mengenal fungsi media penghantar pada sistem telekomunikasi.
            Menjelaskan pengertian komunikasi isyarat.
            Menjelaskan istilah-istilah yang terdapat pada sistem komunikasi.
            Menerapkan komputer sebagai sarana untuk berkomunikasi.
2.      Membuat produkberdasarkan rancangan sendiri dengan menggunakan berbagai jenis bahan yang sesuai untuk komunikasi.
            Mengidentifikasi masalah-masalah teknis untuk pembuatan peralatan komunikasi
            Membuat peralatan komunikasi sederhana.










Kelas  IX ,  Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.           Menggambarkan bagian-bagian, fungsi dan hubungan antar bagian sistem pengendali meliputi sinyal-sinyal : input (sensor), proses ( orang, hubungan elektronik, komputer) output (penggerak
            Menjelaskan prinsip kerja dan fungsi bagian-bagian pada sistem pengendali.
            Menerapkan prinsip sistem pengendali sederhana pada kehidupan sehari-hari
            Menjelaskan prinsip kerja dan fungsi antara sistem abalog dan sistem digital
4.           Membandingkan sistem analog dan sistem digital dalam memproses informasi
            Membedakan ( kelebihan dan kekurangan ) antara sistem analog dan sistem digital
5.           Menyelidiki cara kerja sistem pengendali
            Menggambarkan bagian-bagian dan hubungan antar bagian pada sistem pengendali
            Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja dari bagian-bagian pada sistem pengendali dan menerapkan pada kehidupan sehari-hari
6.           Menemukan gagasan baru untuk memecahkan masalah teknik sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
            Mengidentifikasi masalah yang terkait dengan sistem pengendali sederhana.
            Membuat sistem ppengendali sederhana untuk memecahkan masalah di masyarakat.


 

Izin dan Hak

Tidak Dilarang mengcopy,mencetak atau menyebarkan isi posting kami selama menyertakan sumber aslinya http://smpnangkinang2.blogspot.com; dan tidak untuk keperluan melanggar Undang-Undang dan Hukum yang berlaku

Terima Kasih kami Kepada :

Link Lainnya