Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.
Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diajarkan sebagai salah satu mata pelajaran Keterampilan yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara terpisah atau bersama-sama dengan mata pelajaran keterampilan lainnya. Alokasi waktu pembelajarannya secara keseluruhan untuk jenjang SMP/MTs adalah 72 jam pelajaran untuk selama 3 tahun, atau ekivalen dengan 2 jam pelajaran per minggu untuk waktu 1 tahun jika mata pelajaran ini dibelajarkan secara terpisah dan mandiri
B. Tujuan
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami teknologi informasi dan komunikasi
2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
4. Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
2. Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Memahami hubungan timbal balik antara perkembangan teknologi dan perubahan – perubahan dalam masyarakat | 1.1 Menunjukan beberapa perkembangan teknologi yang mendasar dalam kehidupan sehari-hari 1.2 Menjelaskan hubungan timbal balik kebutuhan manusia dengan perkembangan produk teknologi 1.3 Menjelaskan fakta dan pendapat, sebab dan akibat serta kejadian tentang perkembangan-perkembangan teknologi dan dampaknya |
2. Memahami proses suatu pekerjaan secara benar, aman, dan sadar lingkungan | Menafsirkan prinsip-prinsip keamanan kerja dalam kehidupan sehari-hari Memahami dan mematuhi simbol serta rambu-rambu keselamatan kerja |
3. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang | Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi |
4. Mengenal operasi dasar peralatan komputer | 1. Mengaktifkan komputer sesuai prosedur 2. Mematikan komputer sesuai prosedur 3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis |
4. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer | 5. Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer 6. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi 7. Memahami kegunaan dari beberapa program aplikasi 8. Mempraktikkan satu program aplikasi |
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
6. Menggunakan perangkat lunak pengolah grafis untuk menyajikan informasi | 6.1 Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah grafis 6.2 Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah grafis 6.3 Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah grafis 6.4 Membuat dokumen pengolah grafis sederhana |
7 Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi | 7.1 Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka 7.2 Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah angka 7.3 Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah angka 7.4 Membuat dokumen pengolah angka sederhana |
8. Menggunakan perangkat lunak basis data untuk mengolah data | 8.1 Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak basis data 8.2 Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program basis data 8.3 Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak basis data 8.4 Membuat karya sistem basis data |
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Menggunakan perangkat lunak pengolah grafis untuk menyajikan informasi | Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah grafis Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah grafis Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah grafis Membuat karya pengolah grafis sederhana |
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah animasi untuk menyajikan informasi | Mengoperasikan perangkat lunak hasil multimedia Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah animasi Menjelaskan fungsi menudan ikon pada program pengolahan animasi Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah animasi Membuat karya animasi sederhana |
3. Melakukan Video Editing | 3.1 Pengambilan Video ( capture) 3.2 Mengedit clip video 3.3 memberikan efek animasi 3.4 Membuat karya video sederhana |
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
4. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet | 4.1 Menjelaskan pengertian dasar Internet/intranet 4.2 Memahami dasar-dasar sistem jaringan di Internet/intranet 4.3 Mengenal ukuran kecepatan akses Internet 4.4 Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/intranet 4.5 Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan jaringan lokal (intranet) 4.6 Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/intranet |
5. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi | 5.1 Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur 5.2 Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di Internet 5.3 Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat 5.4 Mengolah informasi dari internet dengan menggunakan program aplikasi |
6. Membuat desain WEB (Front Page, Publisher, dreamwiver dsb) | 6.1 Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah animasi 6.2 Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program desain WEB 6.3 Menggunakan menu dan ikon untuk desain WEB 6.4 Membuat desain WEB sederhana |
7. Menunjukan perubahan dan hubungan antara profesi dan perkembangan teknologi) | 7.1 Menyebutkan contoh-contoh perubahan yang mendasar antara profesi dan perkembangan teknologi 7.2 Mengidentifikasi karakteristik suatu profesi 7.3 Mengidentifikasi karakteristik perkembangan suatu profesi dan teknologi 7.4 Memutuskan penyelesaian masalah dalam suatu profesi yang dipilih berdasarkan potensi diri dan perkembangan teknologi |
Kelas IX , Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Menggambarkan bagian-bagian , fungsi dan hubungan bagian-bagian sistem komunikasi masa kini ( transmisi sinyal, penyimpanan dan konversi) | Menjelaskan prinsip kerja dari sistem komunikasi tradisional dan masa kini. Mengenal fungsi media penghantar pada sistem telekomunikasi. Menjelaskan pengertian komunikasi isyarat. Menjelaskan istilah-istilah yang terdapat pada sistem komunikasi. Menerapkan komputer sebagai sarana untuk berkomunikasi. |
2. Membuat produkberdasarkan rancangan sendiri dengan menggunakan berbagai jenis bahan yang sesuai untuk komunikasi. | Mengidentifikasi masalah-masalah teknis untuk pembuatan peralatan komunikasi Membuat peralatan komunikasi sederhana. |
Kelas IX , Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
3. Menggambarkan bagian-bagian, fungsi dan hubungan antar bagian sistem pengendali meliputi sinyal-sinyal : input (sensor), proses ( orang, hubungan elektronik, komputer) output (penggerak | Menjelaskan prinsip kerja dan fungsi bagian-bagian pada sistem pengendali. Menerapkan prinsip sistem pengendali sederhana pada kehidupan sehari-hari Menjelaskan prinsip kerja dan fungsi antara sistem abalog dan sistem digital |
4. Membandingkan sistem analog dan sistem digital dalam memproses informasi | Membedakan ( kelebihan dan kekurangan ) antara sistem analog dan sistem digital |
5. Menyelidiki cara kerja sistem pengendali | Menggambarkan bagian-bagian dan hubungan antar bagian pada sistem pengendali Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja dari bagian-bagian pada sistem pengendali dan menerapkan pada kehidupan sehari-hari |
6. Menemukan gagasan baru untuk memecahkan masalah teknik sesuai dengan kebutuhan masyarakat. | Mengidentifikasi masalah yang terkait dengan sistem pengendali sederhana. Membuat sistem ppengendali sederhana untuk memecahkan masalah di masyarakat. |